ADSENSE

loading...

Ilmu Tentang Social Marketing





Social Marketing

Seperti kebanyakan artikel, sebelum ngobrol lebih jauh saya ingin coba jelaskan dulu dengan singkat apa itu Social Marketing. Social Marketing adalah suatu metode untuk memasarkan produk di internet melalui social network seperti facebook, twitter, friendster, myspace, dll. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa.

Untuk bisa survive dalam memasarkan produk melalui social networking, kita

harus paham dulu dan memiliki mindset yang benar‐benar berbeda daripada jika promosi menggunakan search engine atau SEM (Search Engine Marketing). Mindset yang harus ditanamkan dalam menjaring konsumen lewat social network adalah mindset rekomendasi. Jadi, selalu tanamkan dalam pikiran bahwa anda sedang merekomendasi suatu produk.

Apa beda antara merekomendasi dengan menawarkan?

Saat anda menawarkan produk atau jasa, biasanya anda tidak peduli apakah mereka butuh atau tidak. Anda hanya menawarkan produk. Kalau beli syukur, kalau ndak beli ya gpp masih ada yang lain. Biasanya dengan cara ini, kita cenderung mencari prospek sebanyak mungkin. Dan biasanya lagi dari sekian banyak prospek itu, kita cuma mendapatkan pembelian kurang dari 10%‐nya.

Tapi jika anda menawarkan, maka anda hanya mencari orang‐orang yang sedang butuh saja. Saat menemukannya, anda baru menawarkan produk. Biasanya dengan cara ini, anda cenderung terlihat passive (walaupun sebenarnya lebih aktif daripada melakukan penawaran). Prospek yang direkrut biasanya juga tidak terlalu banyak. Untuk hasil yang didapat, biasanya bisa mendekati 10% bahkan lebih.

Saat anda mencoba bermain di social marketing, maka teknik paling mudah adalah teknik menawarkan. Anda bisa memantau status teman‐teman anda sehingga anda tahu apa yang mereka butuhkan. Selain itu, member komentar di status teman‐teman anda, juga bisa membuat kedekatan anda dengan mereka semakin baik.

Nah, bila dalam statusnya mereka butuh sesuatu dan kebetulan anda tahu produk yang pas untuk itu, anda bisa mulai mencoba memberi penawaran.

Memang cara ini akan terkesan melelahkan, tapi biasanya hasil yang didapat juga lumayan.

Friend = Fun

Saat kita bersocial networking, sangat penting untuk selalu tetap fun apalagi saat anda sedang merekomendasikan sesuatu. Bahkan sebisa mungkin, jadikan social network sebagai bagian dari proses meningkatkan kepercayaan diri.

Semua orang suka teman yang menyenangkan, yang mau mengerti keadaan kita. Nah, kita harus menjadi teman yang seperti itu. Bukan teman yang baru datang kalo ada masalah atau lagi butuh downline doang. Teman seperti ini adalah teman yang menyebalkan bukan?

Gak pernah ketemu, gak pernah say hello eh.. tahu‐tahu datang nawarin bisnis arisan berantai atau MLM, cape deeh..

Jadi, walaupun mungkin anda tak mampu mendapatkan pembeli melalui social network, setidaknya pastikan anda menjadi teman yang baik bagi teman‐teman anda. Maka, tatkala ada teman dari teman‐ teman anda membutuhkan sesuatu yang kebetulan anda jual, maka dengan senang hati mereka akan mengantarkannya kepada anda.

Tunjukkan Anda adalah Masternya

Ada banyak topic di dunia ini. Dan anda cukup menjadi master di satu topic saja. Pelajari hal itu sampai mendalam sehingga pertanyaan sesulit apapun siap anda jawab. Tentunya anda tak perlu menunggu hingga menjadi master dulu sebelum memulai bersocial networking. Anda bisa langsung jalan keduanya. Sambil bersocial network sekalian minum air .. eh.. belajar.

Targetnya hanya satu saat ada yang menanyakan suatu topic tertentu orang harus langsung ingat anda. Contoh sederhana adalah saat anda butuh air minum dalam kemasan, merk apa yang pertama kali anda bayangkan? Biasanya akan menjawab Aqua. Ini berarti aqua telah berhasil menjadi master di bidang air minum dalam kemasan.

Walau anda mungkin tak bisa menjadi sebesar Aqua atau sebesar para master yang ada sekarang, pastikan saja anda yang terbaik dalam bidang itu disbanding teman‐teman anda. Kalau perlu di kelas anda, andalah yang terbaik. Kalau bisa, di sekolah andalah yang terbaik dalam bidang itu.

Betapa beruntungnya teman‐teman anda punya seorang master di deretan teman‐temannya. Mereka inilah embrio fans berat anda. Merekalah yang akan menjadikan anda besar di kemudian hari. Apalah artinya para artis sekarang tanpa adanya fans‐fans yang rela berjejalan menanti kehadirannya. Jadi, mari kita ulang langkah‐langkah bersocial marketing:

1.       Ubah pola pikir dari menawarkan ke merekomendasi

2.       Jadilah teman yang terbaik

3.       Jadilah master dalam bidang yang anda senangi

Gimana? Mantap bukan?
Ilmu Tentang Social Marketing Ilmu Tentang Social Marketing Reviewed by budi daily on May 01, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

loading...